ANALISIS SIKAP KONSUMEN DALAM KONSUMSI BUAH KALENG IMPOR DI KOTA PEKANBARU

Halomoan Halomoan, Novia Dewi, Jumatri Yusri

Abstract


The purpose of this research is to find out how consumer attitudes in the consumption of canned fruit imports against attributes (packaging, pricing, nutrient content, trademarks). Consumer sampling methods in this research using Random Sampling techniques that respondents who meet in person and buy canned fruit imports in the market in the city of Pekanbaru. Method of data collection is done by way of observation, interviews using questionnaire and documentation. Technique of data analysis used analysis techniques in the theory of reasoned action,namely the model developed by Fishbein. The results showed a model of attitudes and subjective norms model. The attitude of consumers towards the purchase of imported fruit in the city of Pekanbaru is positive with a score of 3,422 and still influenced by price, packaging, trademarks, and content of substance.


Keywords


consumer, consumtion, canned fruit import, attitude, attributes

Full Text:

PDF

References


Adres Novera, Reza. 2015. Analisis Sikap Konsumen Buah Apel dan Pear Impor (Studi Kasus pada Pasar Buah Sudirman Pekanbaru). Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Riau. (Tidak dipublikasikan).

Agriani Hermita dan Hesty Nurul Utami. 2012. Motivasi, Pengetahuan, Dan Sikap Konsumen Terhadap Atribut Komoditas Apel Lokal Dan Apel Impor: Studi Kasus Pada Konsumen Buah Apel Lokal Dan Apel Impor Di Wilayah Kota Bandung. Jurnal Sosiohumaniora, volume 14: 142 – 154.

Barus, Sarjana. 2008. Analisis Sikap dan Minat Konsumen Dalam Membeli Buah-Buahan Di Carrefour, Plaza Medan Fair, Dan Supermarket Berastagi, Medan. Tesis Universitas Sumatera Utara. Medan. (Tidak dipublikasikan).

Dian Setyaningsih, Fitriana. 2009. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Buah Salak di Pasar Tradisional Surakarta. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Ma’rifat, Tian Nur. 2015. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Olahan Ayam Bersetifikat Halal di Provinsi D.I Yogyakarta. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada.

Naziah, Risyatun. 2009. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Minyak Goreng Bermerek Di Kota Pekanbaru. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Riau. (Tidak dipublikasikan).

Octavina, Vivi. 2004. Analisis Perilaku Konsumen Produk PT. Semen Padang (Studi Kasus Konsumen Kota Padang, Sumatera Barat). Skripsi Institut Pertanian Bogor. Bogor. (Tidak dipublikasikan).

Philip Kotler & Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Terjemahan Diamos Sihombing) Jakarta: Erlangga. (Buku asli diterbitkan tahun 1999).

Rahma Kautsari, Aulia. 2013. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Kacang Mete di Pasar Tradisional Kabupaten Wonogiri. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Rizki Fitri Nauli Rangkuti, Juwita.2008. Perilaku Konsumen Sayuran Organik Di Kota Pekanbaru. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Riau. (Tidak dipublikasikan).

Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen Edisi 7. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Setiadi, N, 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Jakarta

Soelistyanti Putri, Dyanita. 2014. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Produk Inovasi (Roll Cake Talas) di Rumah Makan Gurih 7 Kota Bogor. Skripsi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Tarigan, Abdulrahman. 2014. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Buah Lokal Di Pasar Tradisonal Arengka Kota Pekanbaru. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Riau. (Tidak dipublikasikan).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/ijae.11.1.87-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 IJAE ( Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia )



Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.