Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for IJAE ( Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia )?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Petunjuk Umum

Jumal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia (IJAE) terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan persyaratan: (1) merupakan naskah hasil penelitian/penulisan atau hasil pemikiran(review) yang original, (2) belum pemah ditebitkan dalam jumal ilmiah lain, (3) tidak sedang dikirimkan kepada penerbit lain, dan (4) menggunakan data terbaru, paling tidak lima tahun terakhir.

Format Penulisan

Naskah disusun: (1) dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baik, (2) diketik menggunakan program Microsoft Word dengan 1,5 spasi maksimal 20 halaman (termasuk tabel, gambar dan lampiran), (3) menggunakan huruf Times New Roman 12,kertas HVS kuarto (A4), dan (4) margin dua centi meter dari pinggir kertas (atas, bawah,kin, dan kanan).

Susunan Artikel

  1. Judul diketik dalam huruf kapital, Nama Penulis tanpa menyertai gelar, serta dilengkapi dengan alamat/institusi penulis (termasuk alamat email).
  2. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak ditulis secara naratif, maksimal 250 kata dan diketik satu spasi, yang harus memuat informasi tentang tujuan penelitian/penulisan, metode/pelaksanaan penelitian/penulisan, hasil dan manfaat penelitian/penulisan.
  3. Kata Kunci maksimal 4 kata.
  4. Pendahaluan memuat uraian latar belakang, pokok permasalahan/isu, tujuan penelitian/penulisan, serta hipotesis (bila ada).
  5. Tinjauan Pustaka (bila ada) memuat rujukan utama yang terkait dengan substansi tulisan.
  6. Metode Penelitian/penalisan menguraikan secara ringkas metode yang digunakan,termasuk konsep operasional, waktu pelaksanaan, metode penetapan sampel (contoh), dan metode analisis.
  7. Hasil dan Pembahasan menguraikan secara lengkap namun ringkas dan padat hasil-hasil penelitian/penulisan. Substansi tulisan harus konsisten bberhubungan dengan permasalahan dan tujuan penelitian/penulisan.
  8. Kesimpulan dan Saran menguraikan simpul-simpul dari temuan dan hasil analisis,serta saran penelitian/penulisan. Substansi harus konsisten berhubungan dengan' permasalahan dan tujuan penelitian/penulisan, serta diarahkan untuk menjawab hipotesis yang diajukan.
  9. Daftar Pustaka berisikan tentang seluruh rujukan yang digunakan dalam penelitian/penulisan.
  10. Lampiran-lampiran (bila ada) memuat seluruh informasi yang periu disampaikan sebagai tambahan informasi dari substansi tulisan. Lampiran-lampiran dapat berupa tabel, gambar, rumus-rumus, dan metode perhitungan lainnya.
  11. Penulisan Tabel untuk setiap tabel ditempatkan dalam lembar tersendiri dan diberi nomor secara berurutan sesuai dengan penyajian dalam naskah.Tidak dperkenankan mengulang data dalam tabel dan gambar sekaligus (pilih satu diantaranya).
  12. Penulisan Gambar menggunakan huruf-huruf, angka-angka dan tanda-tanda yang jeias dan tebal dalam gambar. Judul gambar ditempatkan di bawah gambar.
  13. Penulisan Daftar Pustaka untuk suatu tulisan yang menjadi rujukan disusun menurut abjad mulai dari nama penuiis (penuiis pertama dan seterusnya), tahun terbit, judul tulisan dan sumber. Urutan penulisan dari seluruh tulisan yang menjadi rujukan disusun menurut abjad. Apabila terdapat lebih dari satu rujukan ditulis oleh penuiis yang sama, maka disusun mulai dari tahun terbit yang lebih lama.

Pengiriman Naskah

Naskah dikirimkan dalam bentuk naskah elektronik (soft copy) dan naskah cetak(hard copy). Naskah elektronik dikirimkan melalui email ke alamat email penyunting.Naskah elektronik dalam bentuk CD dan 2 (dua) rangkap naskah cetak dikirim ke alamat penyuntmg selambat-lambatnya 3 bulan sebelum batas waktu penerbitan IJAE.

Penyuntingan

Setiap naskah yang masuk paling tidak disunting oleh 1 (satu) orang anggota Dewan Penyunting dan 1 (satu) orang anggota Mitra Bestari. Penyuntingan mencakup aspeksistematika, substansi dan konsistensi prenulisan. Apabila terdapat saran perbaikan yang mendasar dari anggota Dewan Penyunting dan/atau Mitra Bestari, maka penuiis harus melakukan perbaikan. Apabila saran pabaikan tidak bersifat mendasar, maka langsung diserahkan ke pada Editor untuk dapat dilakukan pengeditan dan kemudian diterbitkan.

Revisi Naskah

Penuiis harus merevisi naskah selambat-lambatnya satu bulan setelah diterima dari Penyunting UAE. Apabila naskah tersebut dikirim kembali ke Penyunting UAE setelah satu bulan maka naskah tersebut dinggap sebagai penyerahan baru.

Biaya Naskah

Semua penuiis naskah yang siap diterbitkan dikenakan biaya cetak sebesar Rp 35.000,00per halaman cetak. Pembayaran biaya naskah dapat dilakukan secara langsung atau melalui rekening bank. Pembayaran melalui rekening bank ditujukan kepada Evi Maharani No Rekening: 108-00-0210317-5 Bank Mandiri Kantor Cabang Pekanbaru.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.