ANALISIS PERKEMBANGAN KEUANGAN KOPERASI SAWIT SEJAHTERA di DESA TITIAN RESAK KECAMATAN SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Talitha Azzura Balinda, Didi Muwardi, Deby Kurnia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis perkembangan keuangan koperasi sawit sejahtera di Desa Titian Resak Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu primer dengan menggunakan laporan keuangan koperasi sawit sejahtera, sekunder yaitu BPS dan jurnal. Sedangkan analisis data yaitu analisis common size dan analisis trend. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang berfluktuasi yang menandakan perkembangan keuangan koperasi cenderung kurang baik dilihat dari common size pada periode 2017-2021 dan jika dilihat berdasarkan peramalan trend analisis, perkembangan keuangan koperasi sawit sejahtera selama periode 2022 sampai 2026 secara umum juga menunjukan perkembangan yang cenderung kurang baik.

Full Text:

PDF

References


Adlia, D. S. (2018). Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Pt Kimia Farma Tbkperiode 2012-2016. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(1)

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Rany Nur Pratiwi, C. H. (2018). Analisa Rasio Keuangan Dan Common size Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Tahun 2009-2013 (Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ekonomi Akuntansi, 3(2)

Sudiyani, N. W. (2019). Analisis Rasio Likuiditas Solvabilitas Dan Profitabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Koperasi Rena Sedana Kas Tampaksiring. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 5(2)

Susanto, S. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Untuk Mengetahui Tingkat Kesehatan, Pertumbuhan Dan Prospek Usaha Pada Unit Usaha Koperasi (Studi Kasus Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia Di Tangerang). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1)

Suwarmi, V. (2019). Rasio Keuangan Koperasi(Studi Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia “Angkasa”Rri Yogyakarta). Exero: Journal Of Research In Business And Economics, 2(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/ijae.14.2.79-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Talitha Azzura Balinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.