ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN PUPUK PADA KEBUN KELAPA SAWIT SWADAYA SEBELUM DAN SESUDAH KENAIKAN HARGA

Dian Safitri, Syaiful Hadi, Deby Kurnia

Abstract


Perkebunan kelapa sawit swadaya merupakan sumber pendapatan dan penggerak perekonomian masyarakat pedesaan. Keberhasilan usahatani kelapa sawit sangat dipengaruhi oleh perawatan kebun yang baik, salah satunya adalah kegiatan pemupukan. Pemupukan dilakukan agar mendapat produksi yang maksimal merupakan kegiatan yang dapat dikendalikan oleh pekebun. Namun dengan terjadinya kenaikan harga pupuk yang sangat tinggi menjadikan pekebun kesulitan membeli pupuk, sehingga pengaplikasian pupuk yang dilakukan pekebun dibawah rekomendasi yang dianjurkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan jumlah penggunaan pupuk yang diaplikasikan pekebun kelapa sawit sebelum dan sesudah terjadinya kenaikan harga pupuk. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan dengan mengambil contoh pekebun kelapa sawit swadaya. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-test untuk melihat perbandingan jumlah penggunaan pupuk yang diaplikasikan pekebun pada masa sebelum dan sesudah kenaikan harga pupuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa sesudah kenaikan harga pupuk, jumlah pupuk yang diaplikasikan pekebun pada masa sesudah kenaikan harga pupuk mengalami penurunan menjadi 1.438 kg/ha/tahun dari sebelumnya jumlah penggunaan pupuk sebanyak 2.017.


Keywords


usahatani, kelapa sawit swadaya, pupuk

Full Text:

PDF

References


Budiargo Ade, et al. (2015). Manajemen Pemupukan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Perkebunan Kelapa Sawit, Kalimantan Barat. Bul. Agrohorti. Vol. 3(2).

Hastuti Diah D.W. (2016). Dampak Perubahan Harga Input Terhadap Pendapatan Usahatani Jagung Kuning. Jurnal Scientific Pinisi. Vol. 2(2).

Heberbrand C and Laborde D. (2022b). Short-Them Policy Considerations To Respond To Russia-Ukraine Crisis Disrtuptions In Fertilizer Availability And Affordability.

Husnain, et al. (2015). Penggunaan bahan agrokimia dan dampaknya terhadap pertanian ramah lingkungan. IAARD Press.

Krisnawati E., Adirianto B. (2019). Teknologi Pemupukan Ramah Lingkungan. Pusat Pendidikan Pertanian. BPPSDMP.

Lifianti, et al. (2018) Analisis produktivitas dan pendapatan kelapa sawit pekebun plasma dan swadaya di sumatera selatan. Agrifita. Vol. 2(1).

Sarwani Muhrizal, et al. (2023). Krisis pupuk dunia dan dampaknya bagi Indonesia. Jurnal Analisis Kebijakan. Vol.7(1).

Sugianto, Hermawan. (2014). Penggunaan Boron untuk Meningkatkan Pertumbuhan, Hasil, dan Kandungan Minyak Kacang Tanah. Agrosains. Vol.16(2).

Wibowo. (2017). Panduan Praktis Penggunaan Pupuk Dan Pestisida. Penebar Swadaya. Jakarta.

World Bank Commodity. (2022). Special Focus : The Impact Of The War In Ukraine On Commodity Markets. World Bank Commodity Market.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/ijae.14.2.36-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 dian safitri, Syaiful Hadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.