KENDALA ANGGOTA KOPERASI DALAM PEREMAJAAN KELAPA SAWIT DI KEPENGHULUAN BAGAN BHAKTI KECAMATAN BALAI JAYA KABUPATEN ROKAN HILIR (STUDI KASUS KUD MARGA BHAKTI)

Dhika Ayu Dwinda, Cepriadi Cepriadi, Kausar Kausar

Abstract


Perkembangan perekonomian Indonesia mengalami ketidakseimbangan karena perbedaan antara miskin dan kaya. Salah satu kebijakan pemerintah dalam pembangunan ekonomi lebih diarahkan kepada terbentuknya demokrasi ekonomi. Unit usaha yang diharapkan mampu menggerakkan perekonomian Indonesia, khususnya perekonomian pedesaan adalah koperasi unit desa. Siklus tanaman pada umumnya akan mengalami penurunan produksi setelah melebihi batas umur tertentu, maka strategi yang baik yaitu melakukan peremajaan. Koperasi Unit Desa Marga Bhakti membantu anggota melakukan peremajaan kelapa sawit. Anggota memiliki harapan yang tinggi mempertahankan kualitas kebun setelah dilakukan peremajaan, tetapi terhambat oleh biaya yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kendala yang menghadapi dalam memenuhi persyaratan dari peremajaan kelapa sawit. Metode penelitian studi kasus, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah anggota koperasi yang ikut peremajaan kelapa sawit pada tahun 2019 berjumlah 30 responden. Analisis deskriptif untuk menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa anggota koperasi tidak terdapat kendala dalam memenuhi persyaratan dari peremajaan kelapa sawit, karena anggota koperasi cukup berasal dari penduduk asli desa, memiliki KTP dan KK yang sesuai dengan alamat tempat tinggal, memiliki sertifikat tanah yaitu sertifikat hak milik dan anggota mengurus pembukaan buku rekening pribadi. Sedangkan syarat STD-B dan CPCL anggota dibantu oleh koperasi.

Keywords


Koperasi, Peremajaan Kelapa Sawit, Kendala

Full Text:

PDF

References


Eliana., Suryani, R., & Naib. 2022. Legalitas Kepemilikan Tanah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarat. 1(1): 114-122.

Fauziah, R. R., Yulida, R., & Andriani, Y. 2019. Tingkat efektivitas Media Penyuluhan Usahatani Kelapa Sawit Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Jurnal Agribisnis. 21(1): 10-22.

Hutasoit, R. F., Hutabarat, S., & Muwardi, D. 2015. Analisis Persepsi Petani Kelapa Sawit Swadaya Bersertifikat RSPO dalam Menghadapi Kegiatan Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Jom Faperta. 2(1): 1-13.

Herlin, A. D., Sutrisno, A. 2019. Analisis Hak Kepemilikan Lahan Perkebunan Kelapa Sawit di Desa Setabu Liang Bunyu Kecamatan Sebatik Barat Kabupaten Nunukan. Jurnal Ilmu Pertanian. 2(2): 1-6.

Lamongan, M. A. 2018. Peranan Koperasi Syariah dalam Mengatasi Kemiskinan di Kota Surabaya. Jurnal Hukum Bisnis Islam. 8(1): 22-44.

Nastipawa, R., Nengyanti., Martina., & Saraswati, E. 2019. Advokasi Kebijakan Kartu Identitas Anak Bagi Anak Usia Dibawah 17 Tahun di Kabupaten Banyuasin. Demography Journal Of Sriwijaya (DEJOS). 3(2): 24-31.

Paspi, R.T. 2020. Konsep Baru Sustainability dalam ISPO untuk Industri Sawit yanh semakin Berkelanjutan dan Berdaya Saing. Palm Oil Journal. 1(1): 124-130.

Praningsih, W. E., Batubara, M. M. 2022. Peranan Koperasi Perkebunan Kelapa Sawit Bumi Jaya dalam Membantu Petani Semasa Replanting Perkebunan Sawit Di Desa Bumi Harapan Kecamatan Teluk Gelam. Jurnal Societa. 11(1): 22-28.

Rudianto. 2015. Akuntansi Koperasi. Erlangga. Jakarta.

Susanti, E., Zulkarnaini., & Hendrik. 2020. Peran Koperasi Perikanan Pantai Madani Terhadap Kesejahteraan Anggota Koperasi Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan Kabupaten Bangkalis Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir. 1(4): 12-17.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 1998. Tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2012. Tentang Perkoperasian.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 1992. Tentang Perkoperasian.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/ijae.14.1.50-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dhika Ayu Dwinda, Dhika Ayu Dwinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.