ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI PULAU SUMATERA DENGAN PENDEKATAN BOOTSTRAPPING PADA SEM-PLS

Sukri Rizki Ilahi, Fajar Restuhadi, Ahmad Rifai

Abstract


Permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan yang kompleks sehingga tidak bisa hanya diukur melalui faktor dimensi ekonomi saja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Pulau Sumatera. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap kemiskinan adalah pengaruh secara langsung dimensi pendidikan, ketenagakerjaan dan kesehatan lingkungan serta pengaruh secara tidak langsung dimensi pendidikan melalui dimensi ketenagakerjaan dan kesehatan lingkungan. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sensus. Dalam penelitian ini diperoleh sampel yaitu seluruh 154 kabupaten/kota di Pulau Sumatera. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu berupa publikasi data dan informasi kemiskinan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SEM-PLS yang selanjutnya untuk menguji signifikansinya model dilakukan dengan pendekatan analisis Resampling Bootstrapping sebanyak 3000 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi pendidikan secara langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan, dimensi ketenagakerjaan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan, dimensi kesehatan lingkungan secara langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan, dimensi pendidikan secara tidak langsung berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan melalui dimensi ketenagakerjaan serta dimensi pendidikan secara tidak langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan melalui dimensi kesehatan lingkungan.


Keywords


kemiskinan di Pulau Sumatera; SEM-PLS; Bootstrapping

Full Text:

PDF

References


Bappenas. 2018. Analisis Wilayah dengan Kemiskinan Tinggi.

BPS. 2020. Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota 2020.

BPS. 2022. Jumlah dan Persentase Penduduk Bekerja dan Pengangguran 2021-2022.

Haryono, S., 2016. Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS 22.00, LISREL 8.80 dan Smart PLS 3.0. Cetakan Pertama ed. Bekasi: PT. Intermedia Personalia Utama.

Marganingrum, D. et al., 2010. Konsep Pengurangan Kemiskinan Berdasarkan Analisis Kemiskinan Air. Bandung, Pusat Penelitian Geoteknologi – LIPI.

Nariswari, R., 2020. Analisis Peranan Sektor Informal Terhadap Kemiskinan Di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(1).

Novianti, A., 2017. Hubungan karakteristik individu dengan kepemilikan jamban sehat keluarga di Desa Aek Goti Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan tahun 2017. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Universitas Sumatera Utara. Medan.

Prakarsa, 2020. Indeks Kemiskinan Multidimensi Indonesia 2015–2018. Jakarta Selatan: Perkumpulan PRAKARSA.

Putra, H. S. dan Rianto, N., 2016. Pengaruh Akses Air Bersih Terhadap Kemiskinan di Indonesia: Pengujian Data Rumah Tangga.

Rachman, F. P. A. P., Goejantoro, R. dan Hayati, M. N., 2018. Penentuan Jumlah Replikasi Bootstrap Menggunakan Metode Pretest Pada Independent Sampel T Test (Pendapatan Asli Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2015). Jurnal EKSPONENSIAL, 9(1), pp. 35-40.

Rahayu, Y., 2020. Pengaruh Upah dan Tingkat Pendidikan Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Provinsi Jambi Tahun 2010-2019. Jurnal Development, 8(2), p. Jurnal Development.

Rahmatullah, J. F., Iriani, R. dan Setya, R., 2022. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga di Desa Sumber Brantas. JAMBURA ECONOMIC EDUCATION JOURNAL, 4(2), pp. 106-117.

Robiansyah, 2015. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Penyerapan Angkatan Kerja Terhadap Kemiskinan Dengan Pendapatan Perkapita Sebagai Variabel Pemoderasi. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 12(2), pp. 131-139.

Suastini, N. A. P. dan Setiawina, N. D., 2021. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengangguran Dan Belanja Modal Terhadap Pdrb Dan Kemiskinan Kabupaten/Kota Di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 10(1), pp. 151-181.

Suripto. Subayyil, L. 2020. Pengaruh Tingkat Pendidkan, Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Kemiskinan di D.I.Yogyakarta Periode 2010-2017. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), pp. 127-143.

Susanto, R. dan Pangesti, I., 2019. Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Kemiskinan di DKI Jakarta. Journal of Applied Business and Economic, 5(4), pp. 340-350.

Syamsidar, 2014. Peranan Pendidikan Dalam Memerangi Keterbelakangan. Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(1), pp. 1-10.

Taufiq, N., 2017. Pengaruh Dinamika Sektor Pekerjaan terhadap Dinamika Kemiskinan di Indonesia. SOSIO KONSEPSIA, 7(1).

Wahyuni, R. N. T. dan Monika, A. K., 2016. Pengaruh Pendidikan Terhadap Ketimpangan Pendapatan Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), pp. 15-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/ijae.14.1.32-49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sukri Rizki Ilahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.