PENGEMBANGAN BISNIS DAN PRODUK NUGET TALAS MELALUI INOVASI DAN RISET PASAR

Rahmadini Payla Juarsa, Nur Hasnah AR, Natasya Dwi Kinanti, Nabilla Prima Ambarwati, Anggi Nurikholifa, Miftahulnisa Nurisnani, Fauziah Fachrani

Abstract


Meningkatnya permintaan konsumen terhadap makanan yang sehat dan bergizi tinggi, serta kebutuhan akan variasi dalam menu makanan yang berbasis bahan-bahan lokal membuat para pelaku usaha makanan harus jeli melakukan inovasi. Nuget talas merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut, karena terbuat dari bahan-bahan alami seperti talas yang kaya akan serat dan nutrisi, serta dapat diolah dengan berbagai cara untuk menciptakan variasi rasa. Namun, meskipun nugget talas memiliki potensi yang besar sebagai makanan yang sehat dan lezat, pengusaha masih kurang akan pengetahuan mengenai preferensi konsumen terhadap produk tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk nuget talas melalui inovasi dan penelitian pasar dengan pendekatan pengembangan bisnis menggunakan VPC (Value Proposition Canvas) dan BMC (Business Model Canvas). Hasil dari penelitian ini berupa pengetahuan yang mendalam mengenai preferensi konsumen terhadap produk tersebut dan model pengembangan bisnis yang sesuai. Diharapkan dengan artikel ini, dapat memberikan wawasan dan ide-ide baru bagi para pengusaha kuliner maupun peneliti yang ingin mengembangkan produk nuget talas yang memenuhi kebutuhan pasar yang ada.

Keywords


bahan lokal, nuget talas, pengembangan bisnis, riset pasar

Full Text:

PDF

References


Afni, N., Yani, M., & Udin, F. (2020). Formulation of Strategies for Developing Local Chocolate Product Socolatte in Pidie Jaya. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 472(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/472/1/012043

Amelia, E. A. (2022). Business Model Analysis in Kartinipedia Application using Business Model Canvas (BMC) Approach. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 6. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Äyväri, A., & Jyrämä, A. (2017). Rethinking Value Proposition Tools for Living Labs. Journal of Service Theory and Practice, 27(5), 1024–1039. https://doi.org/10.1108/JSTP-09-2015-0205/FULL/XML

Eisape, D. (2019). The Platform Business Model Canvas a Proposition in a Design Science Approach. American Journal of Management Science and Engineering, 4(6), 91. https://doi.org/10.11648/J.AJMSE.20190406.12

Hastutik, T. P., & Novitaningtyas, I. (2021). Ana Batik Magelang’s Business Development Strategy Based on SWOT and Business Model Canvas. In International Journal of Marketing & Human Resource Research (Vol. 2, Issue 4).

Kandee, S. (2020). Designing The Value Proposition for E-trucking Marketplace Platform by Applying the Value Proposition Canvas [Mahidol University]. https://archive.cm.mahidol.ac.th/handle/123456789/3510

Lindič, J., & da Silva, C. M. (2011). Value proposition as a catalyst for a customer focused innovation. Management Decision, 49(10), 1694–1708. https://doi.org/10.1108/00251741111183834/FULL/XML

Osterwalder A, Pigneur Y, Bernarda G, & Smith A. (2014). Value Proposition Design: How to Create Products and Services Customers Want. WILEY. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=jgu5BAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA8&dq=value+proposition+canvas&ots=Pn6ehFtCTY&sig=G0Qyx3Qx7loXPJcy9rrEBGqET3c&redir_esc=y#v=onepage&q=value%20proposition%20canvas&f=false

Pokorná, J., Pilař, L., Balcarová, T., & Sergeeva, I. (2015). Value Proposition Canvas: Identification of Pains, Gains and Customer Jobs at Farmers’ Markets. AGRIS On-Line Papers in Economics and Informatics, 7(4), 123–130. https://doi.org/10.22004/AG.ECON.231899

Pradana, W., Purnomo, D., & Bunyamin, A. (2021). Perancangan Mutu Biobriket Menggunakan Tools Value Proposition Canvas. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29141

Rifai, Z., & Witriantino, D. A. (2022). Analisis Digital Marketing Website Hompimpaa.id Menggunakan Metode Analisis SWOT, Value Proposition Canvas, dan Competitive Five Force. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 8(1), 75–82. https://doi.org/10.31294/IJSE.V8I1.11796

Sangadah, H. A., Machfud, M., & Anggraeni, E. (2021). Business Model Development of a Fresh Milk Agro-Industry in Rural Areas. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis. https://doi.org/10.17358/jma.18.2.131

Setiawan, K., Sandy, M., & Karmagatri, M. (2021). Value Proposition Canvas Validation: Measuring Customer Satisfaction of Photography Business. The Second Asia Pacific International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 1186–1193.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/ijae.13.2.203-211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahmadini Payla Juarsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.