ANALISIS EKONOMI RUMAHTANGGA PETANI SAYURAN DI KABUPATEN SIAK

Antika Sari, Djaimi Bakce, Novia Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ekonomi rumahtangga petani sayuran di Kabupaten Siak dilihat dari aspek produksi, alokasi waktu kerja, pendapatan dan pengeluaran rumahtangga petani sayuran. Untuk menjawab tujuan tersebut  digunakan pendekatan ekonometrik model persamaan simultan dengan metode Two Stages Least Square (2SLS). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidential sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Temuan penting dari penelitian ini adalah: Pertama, total alokasi waktu kerja dalam usahatani responsif mempengaruhi produksi sayuran. Kedua, alokasi waktu kerja dalam usahatani dipengaruhi oleh pendapatan dalam usahatani, biaya sarana produksi, dan alokasi waktu kerja luar usahatani. Penggunaan tenaga kerja luar keluarga dipengaruhi oleh pendapatan rumahtangga dalam usahatani dan pendidikan petani. Kemudian, alokasi waktu kerja luar usahatani dipengaruhi oleh pendapatan rumahtangga di luar dan di dalam usahatani sayuran, umur petani, serta angkatan kerja petani. Peubah-peubah tersebut tidak ada yang responsif mempengaruhi alokasi waktu kerja dalam usahatani dan alokasi waktu kerja luar usahatani sayuran. Ketiga, pendapatan luar usahatani sayuran dipengaruhi alokasi waktu kerja luar usahatani dan pengalaman kerja petani. Pengalaman kerja petani responsif mempengaruhi pendapatan luar usahatani sayuran. Keempat, pengeluaran rumahtangga responsif dipengaruhi oleh pendapatan total rumahtangga, dan yang terakhir simulasi peningkatan harga output dan penurunan harga input berdampak positif terhadap ekonomi rumahtangga, sedangkan simulasi peningkatan upah berdampak negatif terhadap ekonomi rumahtangga petani sayuran.


Keywords


allocation of working time, income, expenditure, vegetable farmers

Full Text:

PDF

References


Adevia, Juli. 2017. Analisis Pengambilan Keputusan Ekonomi Runahtangga Petani Kelapa di Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Sorot 21(1): 11-24.

Becker, Gery Stanley. 1965. A Theory of The Allocation of Time. The Economic Journal 75(299): 493-517.

Becker, Gery Stanley. 1976. The Economic Approach to Human Behaviour. The University of Chicago Press, London.

Chintia, Marissa. 2017. Analisis Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Ekonomi Rumahtangga Petani Padi Sawah di Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Ilmiah Pertanian 14 (1): 12-20.

Elinur et al. 2005. Analisis Sosial-Ekonomi Rumahtangga Pekerja Agroindustri Rotan di Kota Pekanbaru. Jurnal Industri dan Perkotaan 9 (15): 867-875.

Elinur dan Asrol. 2015. Prilaku Ekonomi Rumahtangga Petani Kelapa Sawit di Desa Indra Sakti Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Prosiding Seminar Nasional Kristalisasi Paradigma Agribisnis dan Pembangunan Ekonomi dan Pendidikan Tinggi. Diselenggarakan oleh PERHEPI

Fariyanti, Anna et al. 2007. Perilaku Ekonomi Rumahtangga Petani Sayuran pada Kondisi Risiko Produksi dan Harga di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Jurnal Agro Ekonomi 25 (2): 178-206.

Gujarati, Damodar. 2011. Dasar-dasar Ekonometrika. Salemba Empat, Jakarta.

Gronau, Reuben. 1977. Leisure, Home Production and Work: The Theory of The Allocation of Time Revisited. Journal of Political Economy 85(6): 1099-1123.

Hardjono, Joan dan Elizabeth. 1990. Tanah, Pekerjaan dan Nafkah di Pedesaan Jawa Barat. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Jelita, Nur. 2016. Analisis Pengambilan Keputusan Ekonomi Rumahtangga Petani Kelapa di Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Sorot 11 (1): 16-28.

Koutsoyiannis, Anna. 1977. Theory of Econometrics. Harper and Row Publisher Inc., New York.

Mariyanto et al. 2015. Model Ekonomi Rumah Tangga Pertanian Lahan Kering di Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Universitas Brawijaya, Malang.

Napitupulu, Tia Sofia. 2016. Analisis Ekonomi Rumahtangga Petani Kelapa di Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi. Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Riau.

Norfahmi, Femmi et al. 2017. Analisis Curahan Kerja Rumah Tangga Petani pada Usahatani Padi dan Dampaknya terhadap Pendapatan Keluarga. Jurnal Informatika Pertanian 26 (1): 13 – 22.

Nurhayati. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Ekonomi Rumahtangga Petani Kakao di Kabupaten Kuantan Singingi. Indonesian Journal of Agricultural Economics 3 (2): 105-116.

Putra, Andri Yama. 2012. Pengaruh Faktor-Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Keputusan Ekonomi Rumahtangga Petani Karet di Kabupaten Kuantan Singingi. Indonesian Journal of Agricultural Economics 3 (1): 71-83.

Putri, Amallia. 2016. Analisis Pengambilan Keputusan Ekonomi Rumahtangga Petani Kelapa di Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Pertanian 3 (1): 1-12.

Singh, Inderjit, Lyn Squire and John Strauss. 1986. A Survey of Agricultural Household Models: Recent Findings and Policy Implication. The World Bank Economic Review 1(1): 149-179.

Swares, Natalia Veronica dan Djaimi Bakce. 2017. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Ekonomi Rumahtangga Petani Padi Sawah di Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Jurnal Sorot 12 (2): 71-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/ijae.11.2.162-174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 IJAE ( Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia )



Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.