KARAKERISTIK DAN TINGKAT PENGETAHUAN PETANI KELAPA SAWIT RAKYAT TENTANG PEMUPUKAN DI KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR

Susy Edwina, Adiwirman ', Fifi Puspita, Gulat ME Manurung

Abstract


Keberhasilan usahatani tidak hanya ditentukan oleh kehandalan teknologi dan dukungansumberdaya alam, tetapi juga oleh karakteristik petani. Salah satu tindakan perawatantanaman yang mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman adalah pemupukanyang bertujuan untuk menambah ketersediaan unsur hara sehingga dapat meningkatkanproduktivitas tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: karakteristik internaldan eksternal petani kelapa sawit rakyat; dan tingkat pengetahuan petani tentang pupuk.Kegiatan penelitian dilakukan di Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir ProvinsiRiau, ditentukan secara purposive, dengan pertimbangan daerah ini memperoleh programkebun K2i. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik internal petani yang tidak pernahmendapatkan informasi tentang pupuk kompos dan tidak memiliki pengetahuan tentangpupuk kompos serta tidak adanya pihak yang memberikan penyuluhan terhadap aktivitasusahatani. Karakteritik eksternal petani dari intensitas dan ketepatan saluran penyuluhantidak terpenuhi karena tidak adanya penyuluh, sehingga sumber informasi sangat terbatas,keterjangkauan harga sarana produksi, dan ketersediaan sarana produksi yang rendahkarena rendahnya kemampuan ekonomi petani. Tingkat pengetahuan petani tentang pupukorganik dan an organik termasuk kategori sangat rendah.

Kata Kunci: karakteristik petani, kelapa sawit rakyat, pengetahuan, pupuk


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/ijae.3.2.163-176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.