PENGARUH FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN EKONOMI RUMAHTANGGA PETANI KARET DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Andri Yama Putra, Djaimi Bakce, Ahmad Rifai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yangmempengaruhi produksi, alokasi waktu kerja, pendapatan dan pengeluaranrumahtangga petani karet di Kabupaten Kuantan Singingi. Untuk menjawab hal inimaka digunakan pendekatan ekonometrika, yakni membangun model persamaansimultan dengan pendugaan parameter menggunakan metode Two Stage LeastSquare. Temuan utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya faktor internalrumahtangga petani yang responsif terhadap keputusan ekonomi rumahtangga. Tidakada faktor eksternal yang dimasukkan ke dalam model yang responsif terhadapkeputusan ekonomi rumahtangga petani karet di Kabupaten Kuantan Singingi terkaitdengan aspek produksi, alokasi waktu kerja, pendapatan dan pengeluaranrumahtangga petani karet. Dari aspek produksi, tidak ditemukan faktor internalmaupun ekternal yang responsif, namun yang paling besar pengaruhnya adalah jumlahbatang karet produktif. Dari aspek alokasi waktu kerja, faktor internal yang responsifmempengaruhi adalah total curahan kerja petani, curahan kerja keluarga petani didalam usaha dan angkatan kerja rumahtangga petani. Selanjutnya, dari aspekpendapatan rumahtangga petani yang faktor internal yang responsif mempengaruhinyaadalah pendapatan rumahtangga petani di dalam usaha. Terakhir dari aspekpengeluaran rumahtangga petani karet, faktor internal yang mempengaruhinya adalahcurahan kerja di dalam usaha, pendidikan petani, pendidikan istri dan pendapatan totalpetani karet.

Kata kunci: faktor internal dan eksternal, keputusan ekonomi rumahtangga, karet.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/ijae.3.1.71-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons Licence

Hak cipta artikel-artikel pada jurnal ini dimiliki oleh penulis, dan penulis bersedia memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal. Pemilikan hak cipta dilisensikan dibawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan penggunaan, pendistribusian, dan pencetakan kembali tanpa batas pada media apa pun, asalkan penulis dan sumber sebenarnya disebutkan.